Tips Hijab Cantik Untuk Pemula

Tiungmode.com, Tips Hijab Cantik untuk Pemula - Yang pertama kali dibahas adalah pengertian dasar dari hijab tersendiri. Hijab artinya menutupi, menutupi aurat yang memang sudah menjadi perintah dan kewajiban bagi kaum wanita muslim. Dahulu masih banyak yang beranggapan bahwa mengenakan hijab adalah suatu yang kuno dan kolot dan masih sangat sedikit sekali wanita yang mau memakainya. Meskipun sudah menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan, namun banyak sekali pertimbangan yang dilakukan ketika ingin mengenakan hijab. Diantaranya masalah kesiapan tersendiri, banyak wanita yang mengaku belum siap mengenakan hijab dikarenakan belum memperbaikin akhlaknya dan juga belum siap dengan apa yang orang lain bicarakan tentangnya. Kebanyakan wanita merasa lebih cantik dengan tidak memakai hijab, padahal cantik sesungguhnya yaitu datang dari hati bukan dari fisik. Karena orang yang memandang kecantikan hanya dari fisik saja hanya mengedepankan nafsu, sedangkan orang yang memandang kecantikan dari dalam hatinya ialah orang yang tulus karena fisik bukanlah hal yang utama.

Untuk beberapa tahun kebelakang, trend berubah semakin berubah dan hijab menjadi salah satu busana muslim yang paling diminati, entah karena semakin banyak orang yang menyadari akan kewajiban hijab atau hanya mengikuti trend belaka. Banyak sekali wanita yang berbondong – bondong merubah cara berpakaian mereka menjadi lebih tertutup dan mengenakan hijab. Meskipun pada tahap awal masih asal menutupi saja, namun semakin seiring berjalannya waktu banyak juga yang mulai memperbaiki hijabnya kearah yang lebih syar’I. Apabila dahulu masih banyak menemui hijabers yang memakai pakaian yang serba ketat, meskipun mengenakan celana panjang tetapi tetap memperlihatkan bentuk kaki dan tubuhnya, atau meskipun sudah mengenakan pakaian atas yang panjang dan tertutup namun masih terlihat bentuk tubuhnya atau bahkan ada juga yang transaparan. Namun dengan semakin sadar dan didukung juga oleh brand brand hijab, pakaian atau busana muslim sekarang sudah tidak lagi seperti dulu.

Brand – brand hijab yang sekarang bermunculan selain hanya menawarkan pakaian atau busana muslim yang indah dan cantik, tetapi sekarang sudah mulai memberikan edukasi mengenai hijab yang baik dan benar dengan mulai banyak memberikan tutorial – tutorial dan memberikan contoh melalui brand ambassador brandnya tersebut.

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung” (Qs. An-Nur : 31)

Juga firman Allah Swt:

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (Qs. Al-Ahzab : 59)

Dua ayat diatas sudah sangat jelas dan tegas menyatakan bahwa jilbab harus menutupi seluruh anggota badan kecuali memang yang bukan aurat yaitu muka dan telapak tangan. Melihat fenomena yang ada sekarang, kita boleh saja terkagum – kagum Karena banyak sekali remaja hingga dewasa yang mulai berhijab dan sudah sangat peduli dengan aurat mereka. Di era wanita yang menyetarakan statusnya denga laki – laki atau biasa disebut dengan emansipasi wanita, ternyata banyak juga wanita karier yang mulai memperbaiki cara mereka berpakaian tentu saja ini merupakan sesuatu yang positif ditengah maraknya pengaruh budaya barat yang segala sesuatunya serba sexy dan terbuka dan pengaruh dari fashion hingga media. Semoga saja kedepannya lebih banyak lagi kaum wanita yang menyadari mengenai hijab dan mulai memperbaiki cara berpakaiannya.